Mediapemula.com adalah blog yang berbagi seputar tutorial, berita, blogger dan android

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

13 manfaat air putih untuk ibu hamil dan sedang menyusui bayi

Air putih memiliki khasiat yang sangat penting dan baik bagi kesehatan tubuh,air putih juga baik bila di konsumsi secara rutin di pagi hari. tak terkecuali bagi ibu hamil. 

Senyawa yang juga merupakan salah satu sumber kehidupan ini sangatlah bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh, termasuk bagi ibu hamil yang secara tidak langsung membawa calon bayi di dalam tubuhnya.

Sedemikian sehingga memerlukan asupan cairan yang lebih banyak daripada biasanya. Oleh karena itu, mengkonsumsi air putih secara teratur bagi ibu hamil sangatlah wajib. Bukan hanya untuk menjaga kesehatannya sendiri, tetapi juga untuk menjaga kesehatan bayi yang dikandungnya.
manfaat air putih untuk ibu hamil

nah kita ketahap pembahasaan kita yaitu manfaat-manfaat air putih bagi ibu hamil, mari kita simak di bawah ini.

1. Mencegah Dehidrasi
Ketika seorang wanita sedang hamil biasanya akan mengalami beberapa gejala, seperti sakit punggung, sakit kepala, bahkan masalah ginjal. Hal-hal tersebut bisa saja terjadi disebabkan karena wanita tersebut sedang mengalami dehidrasi. Sedemikian sehingga mengkonsumsi air putih bagi ibu hamil merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh, apalagi bila dikonsumsi secara rutin dan teratur setiap harinya.

2. Menghilangkan Racun
Kandungan racun yang bisa saja terdapat pada makanan dan minuman yang dikonsumsi tentu sangatlah tidak baik bagi tubuh, terutama bagi ibu hamil yang juga membawa janin (bayi) di dalam perutnya. Sedemikian sehingga mengkonsumsi air putih sangatlah dianjurkan bagi ibu hamil. 

Hal ini dikarenakan air putih akan mampu membantu pembilasan racun yang masuk ke tubuh. Di samping itu, air putih juga dapat membantu mengoptimalkan kinerja hati dan ginjal yang berfungsi untuk menetralkan serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dengan demikian, keamanan dirinya beserta bayinya terhadap racun akan terjaga dengan baik.

3. Menyerap Nutrisi Makanan
Nutrisi ibu hamil dari makanan yang ia makan sangatlah penting untuk dipenuhi setiap harinya. Tak hanya untuk dirinya namun juga untuk janin (bayi) yang sedang dikandungnya. Dengan demikian nutrisi makanan yang masuk harus benar-benar terserap dengan baik oleh sistem percernaan di dalam tubuh.

 Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup akan bisa membantu proses tersebut. Dimana air putih akan membantu proses penyerapan nutrisi makanan di dalam tubuh, terutama penyerapan glukosa untuk meningkatkan energi. Di samping itu, air juga berfungsi untuk membawa nutrisi penting yang dibutuhkan dalam perkembangan janin melalui darah.

4. Menambah Energi
Sebagaimana telah dijelaskan pada poin 3 bahwa mengkonsumsi air putih dapat mempercepat penyerapan glukosa untuk meningkatkan energi. Selain itu, air putih juga sebagai asupan cairan yang dibutuhkan oleh setiap organ yang ada di dalam tubuh agar dapat bekerja secara optimal. 

Dengan demikian, apabila asupan cairan dengan cara mengkonsumsi air putih terpenuhi sehingga organ-organ di dalam tubuh bekerja secara optimal, maka dampak yang ditimbulkan tentunya ialah tubuh yang terasa lebih segar dan bernergi. Demikian pula bagi ibu hamil yang mengkonsumsi air putih secara cukup.

5. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah dan Memperlancar Peredarannya
Mengkonsumsi air putih yang cukup pada ibu hamil juga akan menjaga kestabilan tekanan darah. Yang mana, pada trimester ketiga volume darah akan meningkat sekitar dua kali lipat. Sedemikian sehingga air sangatlah dibutuhkan untuk menjaga tekanannya supaya tetap dalam kondisi normal. 

Hal ini dikarenakan darah yang terlalu kental dapat menyebabkan hipertensi dan masalah kardiovaskular lainnya pada ibu hamil.
Selain itu, tekanan darah yang dalam kondisi normal juga mengindikasikan bahwa aliran peredarannya lancar karena air telah terserap masuk dengan baik ke dalam sel-sel tubuh, termasuk sel darah.

6. Mencegah Morning Sickness
Penyebab morning sickness merupakan gejala mual dan muntah yang biasanya dialami oleh ibu hamil di pagi hari.

Gejala ini memang normal dialami oleh siapa saja yang sedang hamil. Oleh karena itu, agar bisa mencegah supaya gejala ini tidak timbul ataupun mencegah agar tidak setiap pagi muncul, mengkonsumsi air putih secara teratur setiap hari bisa menjadi solusi ampuh yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.

7. Mencegah Sembelit (Susah Buang Air Besar)
Selain mengkonsumsi makanan berserat dapat membantu pencernaan bagi ibu hamil, mengkonsumsi air putih juga merupakan paket lengkapnya sehingga dapat terhindar dari sembelit (susah buang air besar), terlebih lagi saat hamil kotoran (zat-zat yang tak lagi diperlukan) yang akan dibuang berasal dari dua sumber, yaitu sang Ibu dan janin (bayi). 

Di samping itu, mengkonsumsi air putih juga dapat membantu mengencerkan urin sehingga menghindarkan ibu hamil dari infeksi saluran kencing yang seringkali terjadi pada masa kehamilan.

8. Melindungi Janin (Bayi)
Perlu diketahui bahwa kantung ketuban yang berfungsi untuk melindungi janin di dalam kandungan diisi oleh air. Yang mana, setiap jamnya kantung  air ketuban membutuhkan sekitar secangkir air untuk mengisi dirinya sendiri (diambil dari cairan tubuh sang Ibu). Sedemikian sehingga apabila sang Ibu mengkonsumsi air secara cukup sehingga cairan tubuhnya terpenuhi, maka akan semakin meningkatkan keamanan janin (bayi) yang terlindungi oleh kantong ketuban yang berisi air.

9. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
Manfaat air putih bagi ibu hamil juga berfungsi untuk membuang kandungan lemak yang berlebih di dalam tubuh. Sedemikian sehingga akan mampu menjaga kondisi tubuh tetap ideal.
Khususnya bagi Ibu yang harusnya tetap menjaga kondisi tubuhnya agar tetap ideal (ideal ukuran Ibu hamil) sehingga tidak terlalu berat dan terbebani dengan adanya janin (bayi) yang semakin membesar di dalam kandungan.

10. Mencegah Munculnya Masalah Kulit
Air putih yang dikonsumsi juga akan membantu untuk memperbaiki jaringan pada kulit. Yang mana, Ibu hamil biasanya akan mengalami masalah kulit, seperti jerawat maupun kulit kering. Sedemikian sehingga dengan mengkonsumsi air putih yang cukup akan mampu mencegah munculnya masalah kulit tersebut.

11. Mencegah Munculnya Stretch Mark
Stretch mark merupakan salah satu masalah kulit karena kekurangan nutrisi dan kurang terhidrasi tertarik disebabkan oleh ukuran peningkatan kandungan. Oleh karena itu, mengkonsumsi air putih akan dapat membantu untuk mencegah munculnya stretch mark pada kulit serta menjadikannya lebih elestis dan lembut.

12. Menyeimbangkan Suhu Tubuh
Pada awal proses kehamilan, seorang wanita hamil biasanya akan memiliki kondisi suhu tubuh yang meningkat daripada biasanya. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih secara teratur untuk bisa menyeimbangkan suhu tubuhnya karena kemudahan air putih yang bisa diserap oleh tubuh.

13. Mengurangi Sakit Kepala

Masalah sakit kepala merupakan gejala yang seringkali terjadi pada Ibu hamil selama masa kehamilannya. Hal ini disebabkan karena ketidakseimbangan cairan dan sistem hormon pada tubuh serta faktor kelelahan. Oleh karena itu, mengkonsumsi air putih sangatlah dianjurkan karena mampu menyeimbangkan cairan di dalam tubuh dan menjadikan tubuh lebih segar bugar.

kritikan dan saran anda sangat saya harapkan, untuk perkembangan blog ini supaya lebih bisa berguna bagi orang yang sedang mencari informasi mengenai kesehatan. terutama anda
Labels: tips hidup sehat

Thanks for reading 13 manfaat air putih untuk ibu hamil dan sedang menyusui bayi. Please share...!

0 Comment for "13 manfaat air putih untuk ibu hamil dan sedang menyusui bayi"

Trimakasih atas kunjungan anda, alangkah baikanya berikan saya kritikan atau saran dari artikel yang saya share..
trimakasih.

Back To Top